10-01-2013

Wajah itu masih saja tersenyum, sambil tangannya menyuapi orang buta yang ada dihadapannya. Tulus sekali. Telinganya dengan sabar mendengarkan segala cacian, hinaan, yang ditujukan orang buta tersebut kepada dirinya. Itulah salah satu keajaiban kemanusiaan yang tercatat dalam sejarah.

Adalah Abu Bakar, saksi yang menggenapkan keajaiban itu. Setelah Rasulullah meninggal, dan dirinya menjadi khalifah, ia bertanya kepada Aisyah, anaknya yang menjadi isteri Rasulullah tentang kebiasaan Rasulullah semasa hidupnya yang belum dilakukan oleh dirinya sebagai khalifah. Kata Aisyah, Rasulullah rutin menyuapi seorang yahudi buta yang ada di salah satu pinggiran jalan kota.

Abu Bakar ingin menggantikannya. Maka datanglah Abu Bakar pada yahudi buta itu. Sambil menahan marah, karena Abu Bakar mendengar secara langsung cacian dan makian untuk Rasulullah, Abu Bakar tetap menyuapinya. Yahudi buta itu langsung sadar, kalau orang yang ada di hadapannya bukanlah orang yang biasa menyuapinya. Ada yang berbeda dengan makanan yang dimakannya, walaupun makanannya sama. Makanan itu terasa lebih keras, karena Abu Bakar tidak menghaluskannya (memamahnya) terlebih dahulu seperti yang Rasulullah lakukan. Abu Bakar menangis begitu juga Yahudi buta itu, setelah mengetahui bahwa orang yang selama ini menyuapinya sama dengan orang yang selama ini dicaci dan dimaki oleh dirinya sendiri, dihadapan orangnya langsung Pula. Keajaiban itu, ditutup dengan syahadat dari yahudi buta.

Di hari yang lain lagi, waktu Rasulullah masih hidup, ketika sedang berjalan, kaki beliau tersandung batu, sendalnya putus dan ada jarinya yang berdarah. Kalian tahu, waktu itu Rasul enggak pernah nyalahin batu, enggak pernah juga bertanya siapa yang membuat batu sebesar itu ada di tengah jalan. Beliau hanya duduk di batu yang lebih besar, dan bertanya: Ya Allah, apa kesalahan yang saya lakukan, sehingga Engkau menegurku dengan cara seperti ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s